Selasa, 05 Januari 2010

10 CARA MENGETIK DENGAN 10 JARI

Bagi sebagian besar orang, mengetik 10 jari gak begitu penting untuk dipelajari. 11 jari juga udah cukup (telunjuk aja…..hehhehheh). Sangat penting untuk bisa menguasai mengetik 10 jari, karena kecepatan mengetik akan meningkatkan kecepatan membuat program, atau kegiatan ketik mengetik yang lain. Jika kita lambat mengetik pasti kita yang paling lelet menerima ilmu, karena disini semua berpacu, betul tidak….
Mengetik dengan kecepatan tinggi bukanlah hal aneh atau luar biasa, karena saya telah mengetik seperti itu sedari smk dulu. Walau pun jurusan saya bukan akuntasi (saya elektronika). Dulu saya belajar dari melihat orang yang dapat mengetik tanpa melihat keyboard tapi dengan kecepatan tinggi, bahkan dia bisa mengetikkan apapun yang kita ucapkan tidak lama setelah kita mengucapkannya. Keren..


Tapi sekarang sudah banyak program yang dapat digunakan sebagai media latihan. misalnya typing tutor ataupun typing shark deluxe. Silahkan cari sama om google ya…. Nah untuk memulai pelatihan ini kita mesti tau kunci dasarnya dulu, coba jari telunjuk kiri sentuh huruf “F”, kita akan merasakan garis diatasnya. Nah huruf “D” untuk jari manis, “S” untuk jari tengah dan “A” untuk jari kelingking. Jempol? yang itu untuk membuat spasi. sekarang silahkan coba mengetik secara berulang-ulang tapi tidak boleh melakukan kesalahan. ketikkan “ASDF ASDF dst”. Jika telah berhasil tanpa kesalahan dan telah mencapai kecepatan yang diharapkan, coba kombinasikan ke 4 huruf tersebut.
Tahap 2 tangan kanan. kita tekan huruf “J” dengan jari telunjuk, akan terasa garis kesatnya. nah, “K” untuk jari tengah, “L” untuk jari manis, dan “;” untk jari kelingking. sama seperti tadi diulangi terus ke empat huruf tersebut, jangan lupa jempol untuk spasi. lanjutkan dengan mengkombinasikan dengan 4 huruf sebelumnya.
Huruf “G” digunakan telunjuk kiri dan huruf “H” untuk telunjuk kanan. Jadi teruslah berlatih. Agar latihan lebih seru, gunakan game di Typing tutor dan Typing Shark Deluxe.
Setelah ini kita akan lanjutkan dengan penyelesaian pelajaran. selamat berlatih
Dari pelajaran pertama, kita telah tahu bahwa bagian tengah papan keyboard (ASDFGHJKL;) sebagai tingkat dasar pemahaman mengetik 10 jari. Biasakan melatih tangan untuk mengetik (jangan lupa pula untuk relaksasi jari-jarinya, biar gak bengkok.hehehheh) sehingga pelajaran dasar tersebut dapat dikuasai, tujuannya untuk memudahkan pembelajaran di tingkat lanjutan ini.
Tingkat lanjutan ini, kita langsung menguasai hampir semua huruf di papan ketik. Kita akan bagi dalam 2 bagian, yaitu tangan kiri dan tangan kanan.

Tangan kiri
Jari kelingking, kita akan mainkan seperti ini, A-Q-A-Z-A
Jari manis, kita akan mainkan seperti ini, S-W-S-X-S
Jari Tengah, kita akan mainkan seperti ini, D-E-D-C-D
Jari Telunjuk, kita akan mainkan seperti ini, F-R-F-V-F
kemudian masih dengan jari telunjuk, G-T-G-B-G
setiap habis 1 jari tekan tombol spasi dengan jari jempol kanan
nah, ulangi terus permainan ini sampai mampu mengetikkannya tanpa melihat papan ketik.
(ingat, salah itu artinya semakin dengan keberhasilan, jadi JANGAN TAKUT SALAH).
Tangan kanan
Tangan kanan kita akan mainkan seperti ini :
Jari Telunjuk, H-Y-H-N-H
Jari Telunjuk, J-U-J-M-J
Jari Tengah, K-I-K-,-K
Jari Manis, L-O-L-.-L
Jari Kelingking, ;-P-;-/-;
Ulangi terus permainan ini sampai bisa mengetikkannya tanpa melihat papan ketik.
NB: tanda “-” tidak perlu diketikkan ya….
Silahkan mempelajari dengan menggunakan Typing Shark Deluxe untuk membuat belajar makin menantang. Atau menggunakan Typing tutor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar