Minggu, 24 Januari 2010

BERPUASA MENGHILANGKAN DETOKSIFIKASI “RACUN TUBUH”

Detoksifikasi adalah usaha membersihkan racun – racun yang menggendap dalam tubuh . Tapi hari detok berjalan secara natural lewat buang air kecil, buang air besar atau melalui keringat yang keluar dari dalam tubuh. Kalau kita puasa, artinya mengistirahatkan organ - organ tubuh dari pekerjaan yang lebih ringan. Berpuasa dengan benar , membuat proses pembuangan racun dalam tubuhpun jadi sempurna. Itulah makanya berpuasa sama Detoksifikasi erat hubungannya.

Cuma banyak yang salah mengartikan soal hubungan antara berpuasa dengan Detoksifikasi. Puasa bukan berarti libur makan atau memilih makanan yang tepat terus detoksifikasi akan lancer, justru dengan mengistirahatkan tubuh dari beban – beban berat diluar bulan puasapun, merupakan usaha yang sangat bagus banget.

Menurut Dr.Kasim Rasjidi, manfaat yang dihasilkan dari berpuasa ngga Cuma detoksifikasi tubuh dari segala racun,tetapi juga sanggup mengurangi berat badan,memurnikan kerja otak, terlihat lebih muda dan bisa melatih kesabaran eseorang.

Bagai mana cara menjalani ituh dengan baik? Langkahnya bisa dimulai dengan berbuka puasa dengan makan kurma atau buah. Dua makanan ini mengandung jenis gula yang sederhana, mudah diserap dan mengandung elektrolit- mineral lain. Selanjutnya, hilangkan detoks dengan meminum air putih.

Selesai buka disambung dengan shalat… dengan beribadah niat makan bisa direm. Pola makan berat dibulan puasa harus juga ikut berubah. Kondisi ini bisa membuat system pencernaan jadi berkurang bebannya. Bersendawa pas ibadah, bisa jadi indikasi pola makan yang kebanyakan, soalnya kalo ngga kebanyakan makan, sendawa juga nggak bakalan berlebihan.

Waktu sahur, harusnya porsi makan juga lebih sedikit biar gerak tubuh waktu ibadahpun lebih ringan. Makan lebih sedikit dan mengurangi makanan selama puasa, akan direspon tubuh lebih positif. Dengan begitu racun yang dibuang lebih sedikit sehingga ginjal , liver, dan system pencernaan nggak mendapat beban kerja yang berat. Begitu juga dengan aktifitas jantung, terasa santai, karena ibadah uda bikin tenang.
Kata ahli nih “berpuasa dengan benar membuat denyut jantung jadi bagus. Proses pelepasan insulin berjalan baik dan gula darah lebih terkontrol. Peruses inilah yang harusnya terjadi dalam detoksifikasi. (@de/ sumber:majalh gaul.E35 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar